Saturday 14 June 2014

4 bahaya dari mendengarkan musik terlalu keras


Siapa yang tidak suka mendengarkan musik dengan volume yang keras? Mendengarkan musik favorit terutama dengan volume keras mampu membuat Anda merasa lebih baik dan bersemangat.

Namun, Anda harus berhati-hati. Sebab ada bahaya di balik kebiasaan ini seperti dilansir dari boldsky.com berikut ini.

1. Gangguan pendengaran
Gangguan pendengaran adalah salah satu masalah kesehatan paling utama yang bisa disebabkan karena mendengarkan musik terlalu keras. Ketika volume musik yang Anda dengarkan lebih dari 90 desibel, maka gendang telinga Anda mulai terganggu. Dan jika dibiarkan, maka dalam jangka panjang akan menyebabkan menurunnya kemampuan untuk mendengar. Oleh karena itu pastikan Anda tidak menggunakan earphone atau headset terlalu lama dengan volume yang keras.

2. Masalah saraf
Tahukan Anda bahwa mendengarkan musik terlalu keras dapat menyebabkan masalah saraf? Saraf telinga Anda bisa mengalami kerusakan. Dan jika kerusakan tersebut mencapai saraf otak, maka dapat memberikan dampak yang lebih luas ke seluruh tubuh Anda.

3. Infeksi telinga
Infeksi telinga adalah salah satu efek yang bisa Anda dapatkan dari mendengarkan musik terlalu keras. Belum lagi apabila earphone atau headset tersebut digunakan secara bergantian. Hal ini akan menyebabkan perpindahan bakteri yang menyebabkan infeksi.

4. Penurunan konsentrasi
Ketika mendengarkan musik terlalu keras, maka tingkat konsentrasi Anda akan menurun. Anda akan mengalami kesulitan dalam memahami kata-kata atau hal lain yang membutuhkan pemahaman. Efek lainnya adalah mampu mengaburkan suara yang terdengar oleh Anda.

Mendengarkan musik memang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan mental dan fisik Anda. Namun dengarkan dengan volume yang biasa saja agar kesehatan telinga Anda tidak terganggu.

No comments:

Post a Comment

-=[Salam Blogger]=-