Wednesday 11 June 2014

Teh hijau bisa cegah kanker pankreas!


Teh hijau dan ekstrak teh hijau telah lama diketahui memiliki potensi untuk merawat kanker dan penyakit lainnya. Namun selama ini peneliti kesulitan untuk menjelaskan mengapa teh hijau dan ekstraknya bisa menurunkan risiko kanker dan memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Sebuah penelitian yang diterbitkan secara online dalam jurnal Metabolomics memberikan penjelasan mengenai hal ini. Penelitian tersebut mengungkap bahwa EGCG, zat aktif dalam teh hijau, bisa mengubah sel kanker pankreas dengan menekan enzim kanker LDHA. Peneliti juga menemukan bahwa oxamate, enzim yang mencegah dan menurunkan aktivitas LDHA bekerja dengan cara yang sama. Zat tersebut juga mengganggu sistem metabolisme sel kanker pankreas.

"Peneliti percaya mereka membutuhkan mekanisme dalam tingkat molekul untuk menyembuhkan kanker. namun penelitian ini menunjukkan bahwa mereka bisa mengubah sistem metabolisme sel kanker dan memberikan pengaruh pada kanker tersebut. Hasil penelitian ini akan membuka pintu bagi banyak penelitian untuk memahami lebih baik cara melawan kanker," ungkap ketua peneliti Wai-Nang Lee dari LA BioMed Research Institute, seperti dilansir oleh Science Daily (30/05).

Berdasarkan penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa EGCG dan oxamate bisa menurunkan risiko kanker dengan menekan aktivitas LDHA, yaitu enzim yang sangat penting untuk metabolisme kanker. Dengan begitu, EGCG dan oxamate dalam teh hijau mengganggu keseimbangan dan fungsi metabolisme sel kanker.

Menurut Dr Lee, penelitian ini memberikan cara pandang baru terhadap metabolisme sel kanker. Kini peneliti memahami bahwa metabolisme sel kanker juga bisa diganggu dan dirusak agar tak berkembang. Ini adalah cara baru yang bisa diterapkan untuk mengatasi dan menyembuhkan kanker.

No comments:

Post a Comment

-=[Salam Blogger]=-