Sunday 22 June 2014

7 Cara mudah untuk lepas dari kecanduan kopi




Kopi dikenal sebagai minuman yang tinggi akan kafein. Di samping manfaatnya yang dapat meningkatkan hormon adrenal di dalam tubuh, kafein juga dapat memberikan efek samping pada kesehatan tubuh Anda. Salah satunya adalah kecanduan.

Agar efek kecanduan tersebut tidak semakin membahayakan kesehatan Anda, maka Anda pun harus mengurangi konsumsi kopi. Namun yang menjadi masalahnya adalah menghentikan kecanduan akan kopi tidaklah mudah.

Berikut adalah cara mudah untuk lepas dari kecanduan kopi seperti dilansir dari boldsky.com.

1. Minum teh
Walaupun mengandung kafein, namun teh lebih sehat dibandingkan dengan kopi. Sehingga minuman ini dapat menjadi alternatif untuk menghentikan kecanduan Anda akan kafein. Salah satu jenis teh yang baik untuk dikonsumsi adalah teh hijau. Sebab teh hijau kaya akan zat antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung.

2. Banyak minum air putih
Minum kopi mampu menyebabkan Anda dehidrasi yang kemudian mampu membuat Anda sakit kepala. Oleh karena itu daripada minum kopi, ada baiknya Anda memperbanyak konsumsi air putih.

3. Lakukan secara bertahap
Menghentikan kecanduan kopi secara langsung memang tidak mudah. Sehingga lakukanlah secara bertahap. Dari yang biasanya minum 5-6 cangkir setiap hari, kurangilah menjadi 2-3 cangkir.

4. Tidur cukup
Anda menjadi peminum kopi sebab Anda membutuhkan suntikan yang dapat membuat Anda semangat. Jika memang demikian, kenapa Anda tidak memperbanyak waktu istirahat di malam hari? Tidur akan memberikan Anda energi yang cukup untuk beraktivitas keesokan harinya.

5. Konsumsi camilan sehat
Terkadang kadar gula rendah membuat Anda mengantuk. Itulah sebabnya Anda butuh untuk minum kopi. Oleh karena itu, jika Anda ingin minum kopi segera ambil camilan sehat Anda. Mengunyah makanan sehat ini akan membuat Anda terjaga.

6. Olahraga
Sirkulasi darah Anda akan membaik ketika Anda berolahraga. Dan ketika hal ini terjadi, maka Anda pun akan tergugah untuk menghentikan kecanduan Anda atas kopi.

7. Konsumsi vitamin C
Mengonsumsi banyak vitamin C seperti buah beri, melon, dan lemon mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan dapat membersihkan tubuh Anda dari racun. Hal ini akan membantu Anda menghentikan kecanduan atas kopi.

Kopi memang bermanfaat untuk tubuh. Namun juga mampu membuat Anda kecanduan. Oleh karena itu hentikan kecanduan tersebut dengan langkah mudah di atas.

No comments:

Post a Comment

-=[Salam Blogger]=-